Mendesain Sendiri Studio Music


Musik menurut saya merupakan sebuah anugrah, musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi untuk mencipta, memperbaiki dan menpersembahkannya adalah sebuah bentuk seni. Musik adalah fenomena yang sangat unik yang dihasilkan dari beberapa alat musik. Dengan musik seseorang mampu mengekspresikan sebuah perasaan yang dialaminya.

Pada era modern saat ini musik berkembang dengan sangat pesat serta telah tersentuh teknologi yang begitu canggih karena musik di jaman ini sudah bisa dihasilkan dari alat digital yang memungkinkan pemain musik bisa memainkan beberapa alat musik dalam satu media saja, bahkan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja.

Musik juga dipengaruhi Kemajuan jaman dan teknologi yang mempengaruhi beberapa sistem pemasaran, karena produk musik hari ini sudah bisa dinikmati secara lebih cepat dengan adanya jaringan nirkabel atau internet.

Bagi beberapa pemusik atau group musik biasanya menggunakan ruangan untuk melakukan latihan musik secara bersama-sama, memproduksi, merekam musik atau kegiatan lainnya, yang sering disebut dengan studio. Studio tersebut tentu harus memenuhi beberapa kriteria yaitu nyaman agar lebih betah, aman karna tidak menggangu tetangga dengan suara bising dan indah dengan desain tata letak yang sesuai, apalagi bagi anda pengusaha rental studio band.

Nah bagaiman jika kita mau mewujudkan hal tersebut tapi dengan ide sendiri?, disini saya beritahu sedikit informasi untuk Desain Sendiri Studio Musik anda.

Peredam Suara Studio




Studio Musik tentu harus menggunakan peredam suara fungsinya untuk meredam suara dan tidak emmebuat bising tetangga, repot juga bila kita sedang bermain musik tiba-tiba tetangga komplain. Nah, bagaimana memasang peredam suara yang bagus dan juga tidak menghabiskan biaya mahal :
  • anda siapkan kain majun atau gulungan busa yang berwarna kuning untuk ditempelkan kelapisan pertama, siapkan yang banyak yang sekira bisa menutupi ruangan studio
  • Anda perlu mempersiapkan karpet atau kain glasswoll dan saya sarankan untuk membeli dalam gulungan saja karena akan lebih murah. Beli glaswool yang berukuran 7 mm karena itu ukuran yang paling tebal, lalu memiliki ukuran lebar 2 meter, beli 1 gulung saja, karena kain ini satu gulung nya bisa sampai 40 meter, Sekarang harga per gulung nya bermacam macam mulai dari 750 ribu hingga 1 juta, jadi anda bisa lumayan hemat
  • Jangan lupa persiapkan karpet standar gulungan seperti apolo. Karpet ini berfungsi untuk menutup karpet glasswoll. Beli gulugan tentu akan hemat, harga sekitar 750 ribu hingga 900 ribu per gulung dengan ukuran 2 x 40 meter. Atau mungkin anda bisa menggunakan karpet bekas lalu anda bisa menempelkan dengan lem kayu dsb
  • Nah, ini yang terakhir, persiapkan busa telur yang banyak. Anda perlu membeli yang banyak agar dapat menutup semua bagian ruangan anda. Tentunya, busa telur merupakan peredam yang terakhir setelah anda tempel karpet glasswoll, karpet standar dan terakhir busa telur
  • Sesuai dengan urutannya, anda harus pasang majun ke seluruh bagian ruangan, lalu anda lapisi dengan karpet atau glasswool, lalu anda letakkan gypsum ke seluruh bagian dari ruangan, nah setelah itu pasang busa telur yang banyak
  • Lakukan Dengan Benar
Tata Letak Studio

Dalam bisnis studio musik suara adalah segalanya, konsumen selalu menginginkan semua suara alat musik dan penyanyi terdengar jelas dan power full di telinga mereka, semua itu bisa dipengaruhi oleh tata letak alat musik di dalam studio yang kurang baik. 

Ada beberapa masalah yang dapat timbul bila kita kurang baik dalam menata alat di dalam studio yaitu:
  • Suara alat musik dan suara vocal/penyanyi tidak terdengar jelas, seperti terpisah-pisah atau tidak menyatu menjadi musik yang enak didengar.
  • Sering terjadi feed back atau muncul suara mendenging dari speaker kontrol mic.
  • Telinga terasa sakit saat selesai latihan musik.
  • Ruangan terasa sempit
Untuk mencegah masalah di atas, berikut ini tipsnya

  •  untuk speaker kontrol vocal, ukurlah ketinggiannya kira-kira dua meter dihitung dari lantai sampai ujung terbawah kotak speaker,aturlah posisi keluarnya suara speaker agar tidak saling bertabrakan/berhadapan, tempatkanlah di sudut ruangan dengan posisi menyerong ke tengah ruangan, lebih baik memakai tiang khusus yang dapat dirubah posisi dan ketinggiannya.
  • Letakkanlah drum di posisi paling belakang ruangan dekat ke dinding.
  • Tempatkan speaker gitar melodi dan ritem berada di kiri dan kanan pemain drum, menghadap serong ke tengah ruangan  Speaker bass dan speaker keyboard ditempatkan di dua sudut ruangan yang lain dengan posisi menyerong ke tengah ruangan.
  • Semua speaker alat musik(Qiup) ketinggiannya diatur agar tidak kurang dari 150cm dihitung dari lantai sampai ujung teratas kotak speaker.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mendesain Sendiri Studio Music "

Post a Comment